Astronomical Physics Club Universitas Brawijaya merupakan sebuah wadah untuk menghimpun mahasiswa Brawijaya yang berminat di bidang Astronomi. Klub ini dibentuk berawal dari keikutsertaan salah satu kelompok mahasiswa jurusan Fisika Universitas Brawijaya yang diketuai oleh Abdur’rouf (Fisika 2009, yang kemudian tengah melanjutkan studi S2 dan S3 di Tohoku University, Jepang), Imro’atus Syarifa (Fisika 2011), Eko Teguh Purwito Adi (Fisika 2009), dan Dwi Febriana Rochmah (Fisika 2009) dalam Program Kreativitas Mahasiswa anggaran 2012. Pada ajang PKM tersebut, Abdur’rouf dan kelompoknya membuat karya yang diberi judul, “Acurate Hijri Calculator Sebagai Piranti Penentu awal bulan Hijriah”. Sebagaimana judulnya, Acurate Hijri Calculator merupakan sebuah software yang dapat membantu menentukan awal bulan Hijriah.

Logo APC UB
Logo APC UB

Sejalan dengan kegiatan tersebut, rupanya cukup banyak mahasiswa Jurusan Fisika UB yang tertarik tentang dunia astronomi. Semangat serta minat untuk belajar dan berdiskusi bersama sangatlah besar. Melihat antusiasme yang tinggi, Drs. Arinto Yudi Ponco Wardoyo, M.Sc., PhD. dan Drs. Sugeng Rianto, M.Sc., mengusulkan untuk membuat sebuah klub astronomi di Jurusan Fisika Universitas Brawijaya. Sehingga pada tanggal 11 Oktober 2013 dibentuklah dan disahkannya “Astronomical Physics Club ” (APC) dibawah bimbingan dosen-dosen tersebut.

Diklat dan Upgrading Tim APC UB
Diklat dan Upgrading Tim APC UB

Dalam acara penyematan, Bapak Abdurrouf mengatakan “Klub ini diharapkan bisa memberikan konstribusi yang lebih, karena disini pelajaran yang diperoleh bukan dari hasil kuliah, melainkan dari hasil kita menyelam dan mencarinya sendiri”. Dan juga “Klub ini diharapkan bisa membimbing adik-adik SMA yang sedang mengikuti OSN astronomi, karena dalam 10 tahun terahir dunia astronomi banyak diminati” imbuh Bapak Arinto Yudi.
Mari mengenal lebih dekat dan menguak rahasia alam semesta bersama di Astronomical Physics Club.

Close Menu