Laboratorium Fisika Lanjutan, yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Laboratorium Fisika Modern, merupakan laboratorium yang digunakan untuk menyelenggarakan kegiatan praktikum mata kuliah Fisika Eksperimen I dan II, yang termasuk dalam mata kuliah wajib di Jurusan Fisika Universitas Brawijaya. Selain itu, Laboratorium ini juga digunakan oleh mahasiswa yang melakukan pengambilan data tugas akhir, dan juga sebagai tempat atau penyedia alat penelitian yang berkaitan dengan Fisika Modern. Laboratorium ini, terletak di lantai 2 gedung FMIPA Universitas Brawijaya dan berukuran 7m X 7m, serta menyediakan alat-alat yang terkelompok-kelompok sesuai kegunaanya dalam melakukan praktikum dengan judul antara lain:

  1. Difraksi celah tunggal dan celah ganda
  2. Pengukuran panjang gelombang bunyi
  3. Efek doppler
  4. Tetapan planck
  5. Interferensi gelombang bunyi
  6. Pemantulan gelombang bunyi
  7. Deret balmer
  8. Radiasi alpha
  9. Radiasi gamma
  10. Percobaan milikan
  11. Interferometer michelson
  12. Induksi magnet

Selain menyediakan praktikum secara praktek langsung, Lab ini juga menyediakan sarana praktikum virtual, yaitu dengan menggunakan simulator praktikum Fisika Eksperimen I dan II yang berbasis web. Fasilitas praktikum virtual ini digunakan sebagai pelaksanaan tahap pra-praktikum, yaitu latihan bagi calon praktikan, sebelum praktikan tersebut melakukan praktikum yang sesungguhnya.

Lab. Fisika Lanjutan Jurusan Fisika FMIPA UB dipimpin oleh kepala laboratorium ….. dan dibantu oleh laboran bernama serta dosen-dosen Jurusan Fisika FMIPA UB yang tertarik di bidang Fisika Modern.

Close Menu