Wujudkan cita-cita, mulai dari disiplin dalam belajar

Layanan Akademik

Persiapkan kuliahmu dengan baik

Bagi mahasiswa baru informasi akan diupdate melalui selma.ub.ac.id. Selanjutnya untuk panduan pembayaran uang kuliah yang telah ditentukan dapat dicek di link berikut: https://selma.ub.ac.id/en/tata-cara-pembayaran/. 

Bagi mahasiswa lama diharapkan melakukan registrasi online dan offline. Registrasi online dapat dilakukan setelah membayar ukt di bank (panduan) dan melakukan pengisian KRS. Registrasi secara offline dilakukan dengan mengisi progress akademik dan mengumpulkan berkas di TU fisika,  yaitu sebagai berikut:

  1.  KHS (1 lembar asli)
  2. KRS (2 lembar asli)
  3. Bukti pembayaran UKT (1 lembar)
  4. Progress akademik (1 lembar)
  5. Dimasukkan ke dalam stopmap plastik sesuai warna angkatan: 2014(biru), 2015(kuning), 2016(biru), 2017(kuning), 2018(putih)

Syarat pendaftaran peserta KKN:

  1. Mahasiswa aktif Universitas Brawijaya
  2. TIdak edang menempuh semester pendek pada saat pelaksanaan kegiatan
  3. Sehat Jasmani dan ROhani
  4. Mengisi form Pendaftaran
  5. Memenuhi minimal 90 SKS
  6. Telah memprogram KKN di KRS

Syarat Praktek Kerja Lapang:

  1. Jumlah SKS yang lulus > 90 sks

Mahasiswa yang berencana melakukan PKL diharapkan mengisi form isian sebelum membuat proposal untuk mendapatkan dosen pembimbing PKL: 

Form PKL Jurusan Fisika 

 

Untuk memudahkan dalam perhitungan beban dosen pemimbing mahasiswa yang telah melengkapi Form PS-01 dan Form PS-02 selanjutnya menyerahkan pada bagian TU Fisika dengan terlebih dahulu mengisi data berikut: 

Penentuan Dosen Pembimbing Skripsi 

Pengajuan Proposal Skripsi

  • Tugas akhir dimulai dari penyusunan proposal skripsi dibimbing oleh Dosen Pembimbing selama < 20 bulan
  • Jika penyusunan proposal skripsi melebihi dua bulan, maka mahasiswa harus melakukan penggantian pembimbing 
  • Dengan persetujuan pembimbing, mahasiswa mendaftar ujian proposal skripsi pada staf TU Fisika dengan menyerahkan berkas:
  • Staf TU menyiapkan dan memberikan dokumen ujian pada penguji (minimal 3 hari sebelum ujian dilaksankan):
    • Form (PS-05)
    • Form (PS-06)
    • Naskah Proposal
  • Staf TU mengumumkan waktu dan tempat pelaksanaan ujian (seminar)
    • Form (PS-05)
  • Pelaksanaan Ujian, penguji memberikan penilaian dan memmbacakan hasil ujian
    • Form (PS-06)
    • Form (PS-07)

Penulisan Tugas Akhir

  • Setelah pengisian Biodata online mahasiswa akan mendapatkan pembimbing 2
  • Mahasiswa menyerahkan print out Form Pengajuan pembibing 2
  • Mahasiswa mendapat dosen pembimbing 2
  • Mahasiswa mengisi biodata online jurusan Fisika dan menyerahkan form pernyataan kesedian pembimbing TA yang telah ditandatangani oleh pembimbing ke staf TU
  • Mahasiswa melakukan konstultasi tentang penelitian dan laporan TA
  • Mahasiswa meminta persetujuan Pembimbing TA untuk evaluasi naskah skripsi 

Pelaksanaan Seminar TA

  • Mahasiswa melengkapi persyaratan seminar hasil TA dan mengajukan evaluasi naskah skripsi
    • Laporan TA 5 eksemplar
    • Surat pelaksanaan TA/Perpanjangan TA
    • Form Bebas laboratorium lintas jurusan
    • Print out biodata seminar
    • buku konsultasi TA
    • Kartu Peserta Seminar Jurusan Fisika
    • Transkrip Akademik
    • Fotokopi sertifikat TOEFL
    • Form persetujuan evaluasi naskah dan pembimbing
  • Staf TU akan menentukan tim penguji dan jadwal pelaksanaan evaluasi naskah
  • Penilaian naskah skripsi oleh tim penguji (maksimal 3 hari kerja)
  • Mahasiswa dinyatakan boleh melakukan seminar, maka dilaksanakan seminar hasil, jika tidak maka mahasiswa harus melakukan konsultasi ke pembimbing dan mendaftar pengajuan evaluasi naskah ke staf TU
  • setelah pelaksanaan seminar hasil dan mahasiswa dinyatakan boleh mengikuti ujian sarjana, mahasiswa konsultasi dengan pembimbing tentang laporan TA

Pelaksanaan Ujian Sarjana

  • Mahasiswa melengkapi pelaksanaan ujian sarjana
    • Laporan TA (5 eksemplar)
    • Print-out biodata Sarjana online oleh jurusan fisika
    • Transkrip akademik
    • tidak ada nilai E, jumlah D+ dan D melebihi 10% dari total SKS
    • Form revisi dari tim penguji
    • Form persetujuan ujian sarjana dari tim penguji
    • Pembayaran administrasi ujian sarjana di jurusan fisika

Panduan Penulisan tugas akhir dapat diunduh sebagai berikut:

Buku panduan penulisan tugas akhir 

  1. Mahasiswa mengajukan cuti akademik melalui SIAM (APLIKASI> PENGAJUAN CUTI)
  2. Pengecekan syarat oleh sistem
  3. Jika memenuhi syarat maka akan dilakukan validasi oleh fakultas (operator fakultas)
  4. Validasi Universitas (operator universitas) 
  5. Mendapatkan surat cuti akademik
  1. Mahasiswa mengajukan pengunduran diri melalui SIAM dan mengunggah surat pengunduran diri yang disetujui orang tua
  2. Pengecekan syarat oleh sistem, (jika tidak memenuhi mahasiswa dapat mnemui Wakil Dekan 1)
  3. Pengecekan persyaratan di fakultas (operator fakultas) (jika tidak memenuhi mahasiswa dapat mnemui Wakil Dekan 1)
  4. Persetujuan Wakil Dekan 1, mahasiswa mendapatkan surat persetujuan mundur dari Wakil Dekan 1
  5. Validasi Fakultas (operator Fakultas) setlah mahasiswa mengunggah surat persetujuan mundur dari Wakil Dekan 1
  6. Pengecekan Permohonan (Operator universitas)
  7. Persetujuan Rektor/Wakil Rektor 1, mahasiswa mendapat surat persetujuan mundur dari Rektor/Wakil ektor 1
  8. Validasi Universitas (operator universitas), mahasiswa mengunggah surat persetujuan mundur dari Rektor/Wakil Rektor 1
  9. Pengecekan status permohonan (mahasiswa pengusul)
  10. Pengambilan surat keterangan pengunduran diri di universitas dengan menunjukkan KTM
  1. Melengkapi berkas di bawah ini
  2. Mengurus pembebasan SPP di Bagian Keuangan
  3. Mengupload berkas naskah skripsi, foto, sertifikat TOEFL, sertifikat IC3, bukti pembayaran wisuda
  4. Daftar wisuda

Berkas-berkas yang harus dilengkapi:

Strata 1 (S1)

  1. Bukti pembayaran wisuda asli (slip pembayaran minta TU jurusan)
  2. Fotocopy Ijasah SMA
  3. Biodata Lulusan dari operator MIPA (Pak Miming)
  4. Fotocopy Transkrip lengkap dengan nilai skripsi
  5. Bukti tandatangan bagian keuangan
  6. Fotocopy sertifikat IC3+TOEFL
  7. Bebas tanggungan perpustakaan
  8. Bebas tanggungan semua jurusan
  9. Bebas pinjam KOPMA
  10. Upload berkas di SIAM (foto, cover, IC3, TOEFL)
  11. Foto berwarna ukuran 3×4 2 lembar (diberi nama di belakang foto dan dimasukkan ke plastik)

Strata 2 (S2)

  1. Bukti pembayaran wisuda asli
  2. Fotocopy SKL
  3. Fotocopy Ijaza S1
  4. Biodata Lulusan dari operator akademik S2 (Pascasarjana)
  5. Bukti tanda tangan dari bagian Keuangan
  6. Upload berkas di SIAM (Foto, cover tesis, publikasi jurnal)

Strata 3 (S3)

  1. Bukti pembayaran wisuda asli
  2. Fotocopy SKL
  3. Fotocopy ijazah S1
  4. Biodata lulusan dari operator akademik Pascasarjana (Pak Hari)
  5. Fotocopy transkrip lengkap dengan nilai disertasi
  6. Bukti tanda tangan dari Bagian Keuangan
  7. Upload berkas di SIAM (Foto, cover disertasi, publikasi jurnal) 

 

Close Menu