PITFMB 2022 sebagai Pembinaan dan Pengembangan Fisikawan Medis

Kamis, 11 Agustus 2022, Kelompok Bidang Minat (KBM) Fisika Medis dan Biofisika menjadi tuan rumah kegiatan seminar dan workshop Pertemuan Ilmiah Tahunan Fisika Medis dan Biofisika (PITFMB) 2022, yang diselenggarakan di Hotel Santika Premier, 11-13 Agustus 2022, secara hybrid (Daring dan Luring).

Pada tahun 2022 ini, kegiatan ini mengambil tema “Tren dan Inovasi dalam Bidang Fisika Medis dan Biofisika di Masa Pandemi Covid-19”, dengan mengundang Menteri Kesehatan Republik Indonesia, yang diwakili oleh Dr. Dra. Lucia Rizka Andalusia, Apt, M.Pharm, MARS., Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan.

Dalam sambutannya, Ibu Lucia Rizka Andalusia menguraikan tentang usaha yang telah dilakukan oleh Kementerian Kesehatan, dalam mengawasi penggunaan produk-produk kesehatan dari luar negeri, agar produk-produk kesehatan dalam negeri, tetap menjadi prioritas utama dalam penggunaannya, baik selama masa pandemi COVID-19 ataupun setelahnya.

Hal ini tidak lain untuk meningkatkan kemandirian bangsa kita dalam bidang kesehatan.

Beliau juga akan selalu menunggu hasil-hasil dari pertemuan ilmiah ini, yang mana perguruan tinggi tidak lain adalah penyumbang alat-alat kesehatan dalam negeri, yang berbasis riset.

Selain itu, pertemuan ini juga mengundang speaker dari dalam dan luar negeri, seperti Dr. Andrew Fielding (QUT, Brisbane, Australia), Prof. Dr. Yeong Chai Hong (Taylor’s University, Malaysia), dr. Stepanus Massora, SpKNTM(K) (RSUD Dr. Soetomo) dan Dr. Setyanto Tri Wahyudi (ITB).

Diharapkan dari kegiatan tahun ini, resource sharing tindakan, penelitian, dan terobosan yang telah dilakukan selama Pandemi COVID-19 dapat tersampaikan secara maksimal. Yang tujuannya tidak lain adalah sebagai pembinaan dan pengembangan jejaring antar Fisikawan Medik, untuk menghasilkan sumber daya yang professional, uptodate dan handal.

“Satu tekad, Solid, Perangi Covid”.