Kuliah Tamu oleh Abdurro’uf, Ph.D. (Alumni Fisika UB)

Salah satu manfaat dari Fisika Komputasi adalah sebagai dasar dan alat dalam penelitian terkait Astrofisika, yang nyatanya lebih banyak ke arah simulasi.

Hal ini sebagaimana dibuktikan oleh Abdurrouf, Ph.D, alumni Fisika angkatan 2009, FMIPA, Universitas Brawijaya, dalam kuliah tamu yang berjudul “Astrostatistics and Big Data for Understanding The Evolution of Universe”. Yang mana tahun 2021 ini, beliau sedang menjadi postdoctoral researcher di bidang ilmu Kosmologi, di Academia Sinica Institute of Astronomy and Astrophysics, Taiwan.

Dalam kuliah tersebut, selain memberikan kuliah tentang fenomena big-bang, Abdurrouf, Ph.D. juga memberikan gambaran bahwa passion, belajar dan kemampuan pemrograman, sangat diperlukan dalam penelitian yang sedang dia kerjakan, yaitu membuat software yang bernama piXedfit, yang berupa Python package, dan berfungsi untuk mengetahui karakteristik galaxy, seperti umur, massa dan metalisasi bintang-bintang di dalamnya.

Di mana semenjak S1, sesuai yang dikemukakan oleh moderator, Abdurrouf, Ph.D. memang telah menyukai astronomi, yang ditunjukkan dengan tugas akhirnya yang berupa software Accurate Hijri Calculator, yang telah digunakan sebagai acuan di Departemen Agama Indonesia.

Sedangkan bagi Program Studi Fisika Sendiri, selain untuk memberikan wawasan dan pilihan ragam pekerjaan yang dapat dikejar setelah lulus kepada mahasiswa Fisika, kuliah ini juga memberikan bukti kepada khalayak publik, bahwa dalam Fisika juga terdapat ilmu tentang statistika dan big-data, yang jika mahasiswa yang masih berada dibangku kuliah dapat menguasainya, dapat digunakan sebagai bekal di dunia kerja, seperti untuk menjadi data scientist.

Untuk lebih lengkapnya, dapat disimak pada link video di atas.