Kuliah Tamu oleh Sukma Wahyu Fitriani, M.Si. (alumni Fisika UB)

Minggu, 12 September 2022, Kelompok Bidang Minat (KBM) Fisika Material, Program Studi Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Brawijaya mengadakan kuliah tamu yang di isi oleh alumni yang bernama Sukma Wahyu Fitriani, S. Si., M. Si., dan berjudul DBD (Dielectric Barrier Discharge) Plasma for Surface Modification of Polytetrafluoroethylene (PTFE).

Sukma adalah alumni S1 Fisika FMIPA UB angkatan 2011, dan S2 Fisika FMIPA UB angkatan 2016. Dan saat itu, Sukma sedang menempuh studi S3-nya di Kochi University of Technology, Jepang. Dan sedang melakukan penelitian tentang modifikasi permukaan PTFE dengan ethanol dan air.

Di mana menurut Sukma dalam kuliahnya, permukaan PTFE dapat dimodifikasi berturut-turut melalui treatment plasma Argon dan Nitrogen, untuk menghasilkan produk material PTFE baru yang lebih reaktive, tetapi dengan karakteristik tetap tahan panas, struktur kristal yang kuat dan bersifat insulator yang baik.

Penggunaan Ethanol dan Air, ditujukan untuk menemukan treatment plasma yang murah dan mampu menghasikan sudut kontak yang lebih kecil dari 100 derajat, yang artinya permukaan meterial PTFE lebih hydrophilic.

Di sisi lain, penelitian terkait Plasma, memang menjadi salah satu fokus di Jurusan Fisika.

Dengan adanya dukungan alat seperti RF-DC Plasma Generator di Laboratorium Material Maju dan Plasma, penelitian-penelitian Fisika Bahan seperti “ZnPc thin film deposition”, dapat di lakukan di Jurusan Fisika, tidak hanya untuk mahasiswa tingkat S1, tetapi juga untuk tingkat Pascasarjana, dan juga dosen-dosen Universitas Brawijaya sendiri.

Untuk menyimak video kuliah tamu lebih lanjut, dapat dilihat pada link di atas.