Program Studi Sarjana Fisika Raih Akreditasi ‘A’

Sertifikat Akreditasi Program Sarjana Fisika UB 2019-2024

Puji syukur, berdasarkan SK BAN-PT No. 4077/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2019 bahwa program studi Sarjana Fisika Universitas Brawijaya dinyatakan memperoleh akreditasi “A”. Sebelumnya, pada Jumat (18/10/2019) silam telah dilangsungkan kegiatan visitasi akreditasi S1 Fisika Universitas Brawijaya oleh Asesor BANPT Dr. Drs. Cuk Imawan, M.Si. (UI) dan Dr.Ir. Kigus Dahlan, M.Sc. (IPB).

Persiapan Akreditasi telah dilakukan sejak September (2018) dalam optimasi penataan dokumen dengan tim kerja dan pengecekan data. Keberhasilan ini merupakan buah dari kerja keras semua pihak di prodi Sarjana Fisika maupun jurusan Fisika, mulai dari Kepala Program Studi (Kaprodi) yaitu Dr.Eng Masruroh, S.Si., M.Si., tim Unit Jaminan Mutu (UJM) yang diketuai oleh Gancang Saroja, S.Si., M.Si., panitia task force Borang, staf akademik, tenaga kependidikan, mahasiswa, hingga kontribusi dari alumni dan pengguna lulusan.

Suasana Visitasi Akreditasi Program Sarjana Fisika (18/10/2019)

Beberapa hal yang menjadi catatan dalam visitasi adalah pemahaman seluruh civitas akademika program Sarjana Fisika mengenai visi misi prodi dan dampak capaiannya dari penerapan visi misi tersebut. Selain itu, masalah kurikulum jurusan juga menjadi poin yang sangat disoroti oleh asesor mengenai pelaksanaan kurikulum di luar kuliah. Pada poin ini, pengembangan diri mahasiswa di Jurusan fisika telah dibentuk melalui keikutsertaan mahasiswa dalam grup riset dosen dan keikutsertaan mahasiswa pada kompetisi atau forum-forum ilmiah sebagai bentuk pengembangan potensi mahasiswa di luar kegiatan perkuliahan di kelas. Harapannya, untuk kedepan nanti akan didapatkan suatu desain kurikulum yang lebih ramping dan efisien. Pada akhir diskusi, disampaikan juga pentingnya melakukan evaluasi bersifat kuantitatif untuk pengukuran target yang telah dicapai oleh program studi dan mematok tolok ukur yang bersifat progresif untuk target berikutnya.

Close Menu