PROGRAM PENDIDIKAN
Jurusan Fisika FMIPA UB merupakan institusi pendidikan yang mulanya hanya menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran terhadap mahasiswa strata 1 (S1). PS Fisika yang bermula sebagai laboratorium layanan untuk Fakultas-fakultas Teknik, Pertanian, Peternakan, dan Kedokteran di UB, sejak tahun 1989 melalui surat keputusan DIKTI No. 21/DIKTI/KEP/1989 menjadi program studi pada Program MIPA, dan pada tanggal 21 Oktober 1993 diserahkan ke Fakultas MIPA UB.

fisika1

Dalam Mengemban kepercayaan tersebut, PS Fisika berupaya selalu meningkatkan kualitas penyelenggaraan PBM dengan melakukan perencanaan, perbaikan, dan pengembangan program secara berkala dan berkesinambungan dengan melibatkan seluruh sivitas akademika untuk meningkatkan relevansi, atmosfer akademik, internal manajemen, sustainabilitas, efisiensi dan produktivitas program studi. Relevansi dan kompetensi PS Fisika dilakukan dengan mengembangkan kurikulum yang menekankan pada kompetensi profesional (kemampuan), individual, dan sosial yang diintegrasikan secara kontekstual. Kurikulum diimplementasikan melalui proses pembelajaran dengan mempertimbangkan peningkatan kemampuan yang bersifat hard skill maupun soft skill yang secara berkala dievaluasi dengan melibatkan berbagai pihak yang berkompeten.

PEMBELAJARAN
PS Fisika menerapkan sistem pembelajaran yang berbasis kompetensi dengan proses belajar mengajar yang efisien. Efisiensi proses pembelajaran dilakukan dengan usaha yang terintegrasi seperti kurikulum, materi perkuliahan, metode dan strategi pembelajaran, kualitas SDM, dan sarana dan prasarana yang memadai untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten dan bemutu. Kurikulum dan materi perkuliahan disesuaikan dengan kompetensi dari kebutuhan masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Metode dan strategi pembelajaran dipilih sesuai dengan pencapaian tujuan dari PS Fisika untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berkompetensi di bidangnya.

Berikut gambar diagram program studi, bidang minat dan penjurusan yang terdapat di Jurusan Fisika FMIPA Universitas Brawijaya Malang:

prodi fisika

Program studi yang terdapat di Jurusan Fisika Universitas Brawijaya antara lain:

    [insert_php]show_child_page();[/insert_php]