Pengelolaan mutu internal di Jurusan Fisika dilakukan secara komprehensif dan terintegrasi dalam sebuah sistem mutu dan pengembangan. Elemen-elemen dari sistem tersebut adalah:

    [insert_php]show_child_page();[/insert_php]

Struktur organisasi jurusan Fisika dirancang untuk mengelola secara efektif sumber daya dan pelayanan maksimal pada stakeholder.

stakeholder

Divisi-divisi Pengembangan Mutu merupakan unit-unit yang tergabung dalam unit jaminan mutu (UJM) jurusan Fisika. Divisi-divisi ini secara aktif bekerja untuk melakukan evaluasi internal yang berkelanjutan dan membantu ketua jurusan dalam membuat rencana strategis jurusan baik dalam hal pengembangan dan pranata kelembagaan. Berikut adalah unit-unit pengembangan tersebut:

  1. Divisi Proses Belajar-Mengajar
  2. Divisi Kurikulum dan Standar kompetensi (Atribut)
  3. Divisi Kemahasiswaan
  4. Divisi Penelitian dan Pengembangan
  5. Divisi Hubungan dan Pelayanan Masyarakat
  6. Divisi Informasi dan Basisdata
  7. Divisi Pengembangan Karir dan SDM
  8. Divisi Pengembangan Manajemen & Administrasi

Unit jaminan mutu jurusan berkoordinasi dan dengan gugus jaminan mutu (GJM) fakultas MIPA dalam usaha pengembangan mutu pelayanan dan akademik yang lebih luas. Kerjasama dan kemitraan dalam penjaminan mutu akan dikembangkan dengan lembaga-lembaga di universitas seperti LP3, LP2M, BABSI, Job Placement Centre, dan lain-lain. Kerjasama ini dilakukan untuk meningkatkan standar mutu proses belajar-mengajar, penelitian, informasi dan basis data, pembinaan kemahasiswaan, dan aspek-aspek lain sesuai dengan unit-unit yang ada.

Setiap divisi bertanggung jawab untuk melakukan evaluasi terhadap jurusan secara berkelanjutan sesuai dengan bidangnya masing-masing. Hasil evaluasi internal yang dipadukan dengan evaluasi eksternal/akreditasi lainnya digunakan untuk menyusun rencana strategis jurusan. Berikut adalah contoh alur pengembangan Penelitian secara berkelanjutan.

stakeholder2