Ditulis pada tanggal 11 April 2016, oleh DR. Eng. Agus Naba, MT., PhD., pada kategori Berita

Kunjungan rutin Aizawa-sensei, sapaan Prof. Tatsuhiko Aizawa dari Shibaura Institute of Technology (SIT-Jepang), ke Jurusan Fisika Universitas Brawijaya untuk memberikan kuliah tamu pada semester ini telah dilaksanakan tanggal 4-5 Maret 2016 lalu. Kuliah tamu bertempat di ruang pertemuan lantai 1 gedung MIPA Center UB  dimulai pada pukul 08.30 WIB. Acara yang biasanya dibuka oleh moderator Dr. Djoko H. Santjojo kali ini dibuka oleh Dekan FMIPA Prof. Marjono. Dalam acara ini peserta yang hadir berjumlah lebih dari 50 orang yang terdiri atas mahasiswa jenjang S1 maupun S2 Jurusan Fisika serta beberapa dosen dari jurusan Fisika dan Teknik Elektro.

Dengan tema yang diusung kali ini adalah “Development of Plasma Technology for Industrial and Medical Application”, acara kuliah tamu berlangsung selama dua hari dibuka dengan materi tentang teknologi plasma dalam micro- dan nano-manufacturing yang beliau kembangkan di bidang industri pada hari pertama (4 Maret 2016) dan dilanjutkan dengan pengembangan dibidang medis pada hari kedua (5 Maret 2016). Seperti biasa dalam kuliahnya, tidak hanya menyampaikan materi kuliah, Aizawa-sensei juga membuka kesempatan kepada peserta untuk menyuarakan pendapat maupun ide mereka terkait dengan inovasi yang dibutuhkan dalam pengembangan teknologi plasma.

Kuliah tamu yang diberikan oleh Aizawa-sensei  diakui oleh beberapa mahasiwa sangat memberikan banyak manfaat karena teknologi yang beliau bawa saat ini, yaitu plasma, yang sedang dikembangkan juga oleh Dr. Djoko di Jurusan Fisika. Bahkan beberapa mahasiswa dari jenjang S1 dan S2 yang berminat dengan teknologi plasma, mengatakan bahwa dengan mengikuti kuliah tamu ini mereka mendapat ide bahkan jawaban terkait penelitian mereka.

Di akhir sesi kuliah tamu pada hari kedua, ada berita istimewa yang disampaikan oleh Dr. Djoko selaku moderator yakni kerjasama antara Jurusan Fisika UB dan SIT akan dilanjutkan dengan adanya pertukaran mahasiswa untuk belajar beberapa bulan di SIT-Jepang. So guys, you see the chance don’t you?