Laboratorium Komputasi dan Pemodelan Jurusan Fisika Universitas Brawijaya Malang adalah laboratorium yang digunakan sebagai tempat untuk mensimulasikan atau untuk memodelkan problem fisis tertentu, khususnya yang berhubungan dengan fenomena fisika seperti simulasi dinamika fluida dan komputasi material. Laboratorium ini terletak di Gedung BIOMOL lantai 3, tepatnya diruang paling ujung timur dan menjadi satu dengan Ruang DR. rer. nat. Abdurrouf, S.Si., M.Si., Drs. Sugeng Rianto, M.Sc., Dr. Mauludi Ariesto Pamungkas, S.Si., M.Si. dan Gancang Saroja, S.Si. M. T.

 

Laboratorium ini dikepalai oleh Drs. Sugeng Rianto, M.Sc.. dan dengan Laboran Ubaidillah. Laboratorium ini dilengkapi beberapa unit komputer beroperating system Windows dan Linux, yang dapat digunakan untuk membantu perhitungan analitik maupun numerik, yang membutuhkan kecepatan dan konsumsi memori yang tinggi. Beberapa unit dari komputer tersebut juga dilengkapi dengan kartu grafis NVIDIA versi terbaru, sehingga dapat digunakan untuk pemrograman paralel berbasis GPU, yaitu dengan library CUDA.

Contoh hasil simuasi fluida berbasis GPU yang telah dibuat oleh salah seorang mahasiswa fisika Universitas Brawijaya, dan yang dibandingkan dengan hasil percobaan riil dapat dilihat sebagaimana berikut:

Sementara ini, laboratorium ini melayani mahasiswa yang sedang melakukan tugas Akhir, baik itu mahasiswa S1 ataupun S2. dan juga beberapa mahasiswa yang sedang melaksanakan KKL yang bekerja sama dengan instansi yang bersangkutan. Berikut beberapa topik penelitian yang sedang dikerjakan dan juga ditawarkan juga bagi mahasiswa yang sedang mancari topik tugas akhir, antara lain:

  1. Simulasi Dinamika Fluida
  2. Simulasi Bahan
  3. Implementasi Persamaan Navier Stokes untuk mesimulasikan kepadatan lalu lintas
  4. Pembuatan Aplikasi mobile Fisika Medis
  5. Pembuatan Aplikasi mobile Fisika Dasar/Lanjut
Aplikasi Medis Novan Habiburrahman, Alumni S2 Fisika

Aplikasi Medis Novan Habiburrahman, Alumni S2 Fisika

Bagi mahasiswa yang tertarik, atau ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai topik penelitian yang telah disebutkan di atas, dapat menghubungi KaLab atau Laboran, atau email ke:uboiz@yahoo.com.

Selain itu, di bawah ini terdapat beberapa library C, C++, Java dan Android yang sedang dikembangkan di Laboratorium Komputasi dan Pemodelan Jurusan Fisika Universitas Brawijaya Malang dan beberapa artikel yang berhubungan dengan hasil penelitian yang telah dilakukan. Library tersebut didistribusikan secara free, dan dengan beberapa aturan pendistribusian yang telah disebutkan pada masing-masing library tersebut.

C/C++
  1. Bitmap Viewer (Opening Bitmap image with OpenGl)
  2. FluidFlow (Library fluida yang dapat digunakan untuk menambahkan efek aliran fluida 2D)
  3. Read *.obj File Format (OpenGL)
Python
  1. Tutorial PIL – Penggabungan dua Gambar
  2. CGKIT – Tutorial
Other
  1. Review Metode – Algoritma Simulasi Fluida dengan Metode Constarined Interpolated Profile (CIP)
  2. Modul Greenfoot 1.1 – Dasar-dasar Greenfoot
  3. Modul Greenfoot – Membuat Edugame Mandiri
  4. Perintah Dasar Greenfoot PPT I
  5. Perintah Dasar Greenfoot PPT II
  6. Teknik Pemodelan