Guna membantu dalam belajar atau meningkatkan prestasi akademik bagi mahasiswa yang kurang mampu dari segi ekonomi atau yang mempunyai potensi besar dalam peningkatan prestasi akademiknya, terdapat beberapa macam beasiswa yang ditawarkan kepada mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA Universitas Brawijaya Malang, yang meliputi Beasiswa PPA, BBM, dan Beasiswa-beasiswa lainnya. Informasi penawaran Beasiswa-beasiswa tersebut dapat diketahui melalui link di http://beasiswa.ub.ac.id/.

banner[1]Selain itu mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA Universitas Brawijaya Malang, juga berkesempatan mendapatkan beasiswa antara lain:

  1. IGPAS (International Graduate Program for Advanced Science)
  2. IGPAS merupakan sebuah program beasiswa internasional dari MEXT (Ministry of Education, Culture, Sport, and Technology in Japan) yang menawarkan beasiswa sekaligus biaya hidup selama mengikuti pendidikan di Tohoku University, Jepang.  IGPAS terdiri dari program master  yang ditempuh selama 2 tahun dan program doktoral yang ditempuh selama 3 tahun. Jurusan yang ditawarkan program ini antara lain matematika, fisika, astronomi, geofisika, kimia, dan ilmu bumi. Terhitung telah ada 3 orang alumni Fisika UB yang telah mendapatkan beasiswa ini, Hesky Hasdeo (Fisika 2007), M. Shoufie Ukhtary (Fisika 2009), dan Abdurrouf (Fisika 2009).

    Pesyaratan dan informasi selengkapnya dapat diakses disini : http://www.sci.tohoku.ac.jp/english/igpas/#con1

  3. NCU International Student Scholarship
  4. National Central University, Taiwan, menawarkan beasiswa internasional yang mencakup biaya kuliah dan biaya hidup untuk program master dan program doktoral. Program beasiswa ini tidak mengikat pada jurusan tertentu. Pelamar beasiswa dapat mendaftar pada semua jurusan di NCU sesuai background yang dikuasainya. Cukup banyak alumni jurusan Fisika Universitas Brawijaya yang telah mendapatkan beasiswa ini. Diantaranya yang tengah menyelesaikan program doktoral Via Romadlona (Fisika 2006), dan program master Icuk Setyawati (Fisika 2007) dan Welayaturromadhona (Fisika 2009).

    Informasi lebih lanjut dapat diakses disini:
    http://admissions.oia.ncu.edu.tw/