Ketersediaan sarana dan prasarana untuk menunjang penyelenggaran kegiatan belajar mengajar di Jurusan Fisika sangatlah memadai, apalagi setelah Jurusan Fiska mendapatkan dana hibah bersaing TPSDP pada tahun 2003-2006. Penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar di Jurusan Fisika tersebar di tiga gedung di lingkungan Fakultas MIPA dengan tingkat kepadatan setiap dosen menempati 6,5 m2 di dalam ruang dosen dan setiap mahasiswa menempati 3,6 m2

Susana Belajar Mengajar

Suasana Perkuliahan

Semua ruang telah dilengkapi dengan sarana dan prasarana untuk kegiatan belajar mengajar yang memadai, misalnya whiteboard, kursi kuliah, OHP dan projektor LCD. Setiap ruang dosen pun telah dilengkapi dengan satu set PC yang terhubung dengan internet. Jurusan Fisika mempunyai ruang baca yang memiliki koleksi 1.272 buah buku teks. Jurusan Fisika dilengkapi dengan laboratorium komputer yang berisi tidak kurang dari 30 unit PC yang telah tersambung dengan internet melalui server jurusan. Saat ini semua mahasiswa Jurusan Fisika telah memiliki akses ke internet secara cuma-cuma melalui koneksi wifi yang bisa diakses dari luar gedung. Dari program TPSDP ini pula banyak diperoleh tambahan peralatan laboratorium yang cukup canggih. Selain itu, Jurusan Fisika juga dilengkapi genset untuk menyediakan kperluan konsumsi listrik apabila pasokan listrik PLN terhenti, sehingga proses belajar mengajar tidak terganggu.

Suasana Akademik
Suasana akademik di Jurusan Fisika berjalan sangat kondusif, baik untuk hal-hal yang bersifat formal akademik maupun non formal antar individu sivitasnya. Interaksi formal antara dosen dengan mahasiswa terjadi dengan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, maupun keterlibatan dosen, karyawan, dan mahasiswa pada kegiatan pengembangan Jurusan Fisika baik berupa kegiatan evaluasi diri, peninjauan kurikulum, workshop, kuliah tamu, dan lainnya. Interaksi akademik antara dosen dan mahasiswa tercermin dari dipublikasikannya hasil penelitian dosen dan mahasiswa pada jurnal dan dipresentasikannya pada seminar nasional maupun internasional.

Suasana di Labkom

Suasana Laboratorium Komputer

Keberlanjutan Pengadaan, Pemeliharaan dan Pemanfaatan
Pengadaan sarana dan prasarana serta pemeliharaannya di Jurusan Fisika masih sangat bergantung kepada ketersediaan dana dari pemerintah (APBN) dan dana PNBP. Namun begitu sudah ada usaha untuk membuka layanan pemanfaatan peralatan laboratoium misalnya penggunaan komputer di Laboratorium Komputer. Dalam operasionalnya Kepala laboratorium dan laboran bertanggung jawab dalam perawatan alat yang ada dan secara rutin kondisinya juga dicatat oleh masing-masing laboratorium sebagai bagian dari SOP laboratorium. Dalam setiap pemanfaatan untuk kegiatan praktikum maupun penelitian pencatatan penggunaan dilakukan oleh petugas laboratorium. Setiap peminjaman dan penggunaan alat dicatat dan dibukukan. Kebijakan yang diterapkan adalah pemanfaatan peralatan seluas-luasnya dengan menerapkan kehati-hatian dalam penggunaan. Akses yang luas ini diharapkan dapat memberikan dorongan peningkatan kegiatan serta untuk mencipakan suasana akademik yang kondusif.

Berikut Beberapa fasilitas yang terdapat di Jurusan Fisika Universitas Brawijaya malang: