A. SEJARAH SINGKAT
Kelompok Seni dan Karawitan (KSK) Swara FMIPA UB dibentuk berawal dari ketertarikan beberapa mahasiswa dan dosen fisika terhadap seni karawitan. Sebelumnya di fakultas MIPA sudah terbentuk kelompok seni karawitan FMIPA yang beranggotakan gabungan dosen, karyawan dan mahasiswa FMIPA, yang kebanyakan anggotanya adalah dari jurusan fisika. Pelatih dari kelompok ini adalah dosen dari jurusan fisika, yaitu Bapak Alamsyah M. Juwono, M.Sc. dan Bapak Ir. D.J. Djoko H. Santjoyo, M.Phil.,Ph.D. Kelompok ini sudah tampil dalam beberapa pentas di lingkungan Universitas Brawijaya dan bahkan sempat mendapat undangan untuk pentas pada acara “Malang Tempo Doloe” yang diselenggarakan oleh pemerintah kota Malang.

Ketertarikan mahasiswa fisika akan bidang seni jawa ini tidak terbatas pada seni karawitan namun juga pada seni wayang orang, hal ini dibuktikan dengan keikutsertaan beberapa mahasiswa yang belum tergabung dalam kelompok seni karawitan FMIPA, pada acara pentas wayang orang GITA BRAWIJAYA dalam rangka dies natalis Universitas Brawijaya yang ke 45.

karawitan

Gebyar Festival Tari 2012

Dengan semakin bertambahnya mahasiswa di jurusan fisika yang tertarik pada kegiatan seni ini maka muncul usulan untuk membentuk kelompok seni karawitan di jurusan fisika guna mewadahi pengembangan bakat mahasiswa fisika di bidang seni karawitan. Akhirnya atas prakarsa Bapak Alamsyah M. Juwono, M.Sc. dan Bapak Ir. D.J. Djoko H.Santjoyo, M.Phil., Ph.D. pada tanggal 12 Maret 2008 dibentuk kelompok seni karawitan (KSK) jurusan fisika UB yang diberi nama SWARA FISIKA. Tanggal tersebut ditetapkan karena merupakan hari dimana kelompok ini mengadakan latihan pertamanya di gedung Rektorat Universitas Brawijaya.

karawitan2

Malam Keakraban Jurusan Fisika Tahun 2012

Sejak latihan pertama dan selanjutnya rutin seminggu sekali anggota kelompok ini semakin bertambah. Penampilan pertama KSK Swara Fisika adalah mengisi acara pembukaan dan pentas seni dalam rangkaian acara Forum Mahasiswa Fisika (FORMASI) Se-Jawa Timur pada bulan November 2008 di gedung Graha Sainta. Selanjutnya pada bulan Desember 2008 sebagian anggota kelompok ini bersama LOF SOBAT diminta mewakili Fakultas MIPA untuk ikut serta dalam acara Gebyar Festival Tari (GFT) UB XVI yang dilaksanakan oleh Unit Aktivitas Karawitan dan Tari (Unitanri) UB. Pada acara GFT ini 4 diantara 5 penari yang tampil adalah mahasiswa dari jurusan fisika. Oleh kerena itu, diusulkan untuk menambahkan sub bidang seni tari pada kegiatan KSK Swara Fisika. Penampilan selanjutnya dari KSK Swara Fisika sejak penambahan sub-bidang seni tari ini adalah mengisi pentas tari di acara Seminar Nasiolal Basic Science VI pada bulan Februari 2009 di gedung Bahasa dan Sastra UB.

Sejak saat itu KSK Swara Fisika menjadi kelompok seni yang mulai dikenal di lingkungan FMIPA dan juga Universitas Brawijaya. KSK Swara Fisika berganti nama menjadi KSK Swara FMIPA, karena peminatnya tidak hanya dari jurusan Fisika saja. Melainkan jurusan-jurusan lain yang ada di Fakultas MIPA UB.

41802_77672871386_1639812_n[1]

B. Filosofi LOGO KSK Swara FMIPA
Logo KSK Swara FMIPA didesain oleh M.A. Azis dan Aulia K.N. (2004). Logo KSK Swara FMIPA berupa gambar kendang yang dibentuk dari huruf S dan F. Gambar Kendang menggambarkan kelompok ini adalah kelompok seni musik jawa yaitu karawitan dimana kendang pada intrumen musik jawa (gamelan) dalam karawitan bisa dikatakan sebagai pemimpin alat musik lainnya. Inisial huruf S dan F merupakan inisial nama kelopok seni karawitan ini yaitu Swara FMIPA. Warna coklat muda menunjukkan kelompok ini adalah berasal dari jawa dimana warna coklat merupakan warna khas jawa yang elegan.

.:: Monggo sesarengan ngeleluri kabudayan  bangsa ::.

Kenali lebih dekat di : https://www.facebook.com/groups/KarawitanSwaraFisikaUB/