PENDAHULUAN

Dalam era globalisasi dan teknologi informasi sekarang ini, peningkatan kompetensi dan profesionalisme fisikawan adalah prasyarat yang perlu dipenuhi terutama untuk mengantisipasi berbagai perubahan yang terjadi baik di dalam negeri maupun dunia internasional. Peranan fisikawan telah berkembang seiring dengan berkembangnya bidang kajian fisika secara cepat dan luas, seperti teknik pengukuran presisi, teknologi bahan, piranti skala mikro, metode baru dalam fisika kebumian, fisika medis & biofisika, dan lain sebagainya. Pengembangan dan pelaksanaan pendidikan fisika lanjutan sangat diperlukan untuk tujuan meningkatkan kompetensi dan profesionalisme fisikawan agar sesui dengan tuntutan perkembangan IPTEK fisika di masyarakat, tanpa mengabaikan basic knowledge ilmu fisika serta prospek perkembangannya di masa depan. Pemahaman seseorang pada prinsip-prinsip fisika akan memudahkannya dalam memahami suatu fenomena alam baik dalam skala besar maupun kecil.

Program Magister Fisika Universitas Brawijaya (UB) merupakan program lanjutan dari Program Sarjana S1 Fisika atau Program Sarjana S1 yang lain, yang masih ada korelasinya dengan bidang Fisika. Tujuan dari program ini adalah untuk mencetak  seorang magister yang mampu menguasai konsep-konsep ilmu fisika dan terapannya secara lebih mendalam untuk tujuan pendidikan, penelitian, maupun aplikasi di bidang-bidang terkait.

Program Magister Fisika UB menawarkan empat bidang peminatan yaitu:

  • Fisika Material
  • Geofisika
  • Instrumentasi
  • Fisika Medis & Biofisika

VISI

Menjadi sebuah program studi bertaraf internasional dalam ilmu fisika dan terapannya, serta berperan aktif dalam penelitian, pengembangan dan penyebarluasan sains dan teknologi terkait khususnya dalam bidang medis, energi, dan lingkungan.

MISI

  1. Membangkitkan kekuatan moral dan kesadaran tentang keberadaan penciptaan alam oleh Tuhan Yang Maha Esa melalui pembelajaran ilmu-ilmu fisika dan terapannya.
  2. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan SDM yang ahli di bidang fisika dan terapannya dengan kualifikasi magister (S2).
  3. Melakukan penelitian dalam bidang fisika dan terapannya dalam rangka mengembangkan metode-metode baru dan atau menghasilkan karya teknologi baru khususnya dalam bidang medis, energi, dan lingkungan.
  4. Melakukan pengabdian kepada masyarakat berkenaan dengan hasil karya teknologi dan penelitian yang telah dilakukan.

TUJUAN

  1. Menghasilkan sumber daya manusia (SDM) berkualifikasi Magister dalam bidang fisika dan terapannya, yang mampu menguasai konsep-konsep fisika secara lebih baik dan mendalam untuk tujuan pendidikan, penelitian maupun aplikasinya di berbagai bidang yang relevan, yang sesuai dengan bidang minatnya (Fisika Material, Geofisika, Instrumentasi, Fisika Medis & Biofisika).
  2. Mengembangkan sains dan teknologi berdasarkan konsep ilmu-ilmu fisika untuk aplikasi di bidang medis, energi, dan lingkungan,  yang  dipublikasikan secara ilmiah dan bermanfaat untuk membantu masyarakat.
  3. Melakukan upaya-upaya untuk menerapkan sains dan teknologi hasil-hasil penelitian melalui program pengabdian kepada masyarakat.

KOMPETENSI

Kompetensi lulusan PS S2 Fisika UB disusun, dan ditetapkan dengan mengacu pada SK Menteri Pendidikan Nasional No 045/U/2002 tentang kurikulum inti perguruan,  yaitu bahwa kompetensi hasil didik suatu program studi terdiri atas kompetensi utama, kompetensi pendukung, dan kompetensi lain yang bersifat khusus dan gayut dengan kompetensi utama. Kompetensi juga mengacu pada Peraturan Presiden RI No.8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Untuk itu kompetensi lulusan PS S2 Fisika UB ditetapkan sebagai berikut:

Kompetensi utama:

  1. Menguasai konsep ilmu fisika secara baik, untuk tujuan pendidikan, penelitian maupun aplikasinya di berbagai bidang yang relevan.
  2. Mampu melakukan dan mengembangkan riset dalam bidang fisika dan terapannya,  khususnya fisika medis, energi, dan lingkungan,  yang hasilnya mendapat pengakuan nasional dan internasional.

Kompetensi khusus: 

Kompetensi khusus merupakan kompetensi yang dimiliki oleh lulusan S2 Fisika UB sesuai dengan bidang minatnya, yaitu:

  1. Minat Instrumentasi. Mampu menggunakan dan mengembangkan konsep-konsep ilmu fisika di dalam bidang sistem pengukuran presisi dan sistem instrumentasi modern.
  2. Minat Geofisika. Mampu menggunakan dan mengembangkan konsep-konsep ilmu fisika di dalam explorasi tambang, mineral, dan mitigasi bencana serta pemodelan bawah permukaan bumi secara lebih baik dan efisien.
  3. Minat Fisika Medis & Biofisika. Mampu menggunakan dan mengembangkan konsep-konsep ilmu fisika pada bidang medis khususnya fisika radiologi dan proteksi radiasi, biofisika dan biosensor, serta identifikasi dan penanggulangan pencemaran lingkungan.
  4. Minat Fisika Material. Mampu menggunakan dan mengembangkan konsep-konsep ilmu fisika untuk melakukan analisis dan identifikasi bahan (material), penyusunan model serta sintesis material.

Kompetensi pendukung:
Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan dan teknologi  dengan konsep fisika melalui pendekatan inter atau multidisipliner. Lulusan memiliki pemahaman manajemen yang terkait dengan bidang riset dan pengembangan. Lulusan  menguasai bahasa asing khususnya bahasa inggris dengan baik, serta dapat bekerja dan mempimpin suatu teamwork.

TOPIK-TOPIK KAJIAN RISET

Topik-topik kajian riset yang saat ini dikembangkan di Program Magister Fisika UB adalah:

  • Desain dan rekayasa material, bahan polimer dan komposit.
  • Komputasi, simulasi, dan modeling ilmu fisika dan terapannya.
  • Metode dan survey geofisika, pengukuran lingkungan dan mitigasi bencana alam.
  • Desain dan pembuatan sensor dan sistem instrumentasi untuk pengukuran dan proses kontrol.
  • Biofisika, fisika medik dan pencitraan medik

Program Magister Fisika UB, dibawah koordinasi Sekretariat Program Double Degree UB juga melaksanakan program double degree dengan beberpa universitas di luar negeri. Pada saat ini ada 5 (lima) mahasiswa S2 Fisika UB yang sedang melaksanakan riset untuk double degree-nya di National Central University (NCU) Taiwan.

DOSEN DAN LABORATORIUM

Program Magister Fisika UB pada saat ini dibina oleh dosen-dosen yang telah bergelar Doktor (S3) sedikitnya berjumlah 13 orang dan bergelar Master (S2) senior (jabatan akademik lektor kepala) sedikitnya 12 orang, yang tersebar dalam lima laborarorium riset:

  • Laboratorium Pengukuran dan Instrumentasi
  • Laboratorium Geofisika
  • Laboratorium Fisika Bahan (Material)
  • Laboratorium Komputasi dan Modeling
  • Laboratorium Fisika Medis & Biofisika

KURIKULUM

Program Magister Fisika UB adalah program magister dengan sistem perkuliahan, dan  pada akhir masa studinya seorang calon magister fisika wajib menyelesaikan sebuah penelitian yang hasilnya dituangkan dalam karya tesis S2. Beban studi Magister Fisika UB adalah antara 40 s/d 46 sks, termasuk tesis. Struktur kurikulum Program Magister Fisika UB terdiri  atas matakuliah (MK) wajib program studi (9 sks), MK wajib peminatan (13 sks), MK pilihan, serta tesis S2 (12 sks). Lama studi dapat ditempuh kurang dari 2 tahun dan maksimal 4 tahun.

Khusus bagi mahasiswa yang mempunyai latar belakang pendidikan sarjana (S1) bukan dari Program Studi Fisika FMIPA (Fisika Murni), diwajibkan untuk mengambil matakuliah prasyarat atau matakuliah matrikulasi yang dilaksanakan pada Program Alih Tahun (PAT).

 1. MATAKULIAH WAJIB PROGRAM STUDI & TESIS

KODE  MATA KULIAH (MK)  SKS SEMESTER
K P J Ganjil Genap
MAP6101 Mekanika Klasik 3 0 3
MAP6103 Elektrodinamika 3 0 3
MAP6206 Eksperimen & Seminar Fisika 3 0 3
MAP6008 Metodologi Riset 3 0 3
MAP6009  Tesis 9 9

Jumlah SKS MK Wajib dan Tesis    

12 9 21

             K: Kuliah                     P: Praktikum/Mandiri          J: Jumlah

2. MATAKULIAH PILIHAN

KODE MATA KULIAH (MK) SKS KETERANGAN
K P J
Semester Ganjil
MAP6111 Fisika Zat Padat 3 0 3 Wajib Minat

Fis. Material

MAP6112 Fisika Bahan Fungsional 3 0 3
MAP6121 Fisika Bumi 3 0 3 Wajib Minat Geofisika
MAP6122 Geologi Fisis 3 0 3
MAP6131 Sistem Pengukuran & Instrumentasi 3 0 3 Wajib Minat Instrumentasi
MAP6132 Teknologi Sensor & Transduser 3 0 3
MAP6141 Biofisika 3 0 3 Wajib Minat Fis. Medis
MAP6142 Anatomi & Fisiologi Terapan 3 0 3
MAP6216 Teknologi Bahan 3 0 3 Pilihan Bebas
MAP6226 Mitigasi & Menejemen Bencana 3 0 3
MAP6236 Sistem Instrumentasi Industri 3 0 3
MAP6246 Biosensor & Aplikasinya 3 0 3
MAP6104 Mekanika Statistik 3 0 3
MAP6061 Topik Khusus Penunjang Tesis 3 0 3

Semester Genap

MAP6213 Analisis Bahan 3 1 4 Wajib Minat Fis. Material
MAP6214 Desain & Pemodelan Bahan 3 0 3
MAP6223 Seismologi 3 0 3 Wajib Minat Geofisika
MAP6224 Survey Geofisika 3 1 4
MAP6233 Mikrokomputer & Antarmuka 3 1 4 Wajib Minat Instrumentasi
MAP6234 Pemrosesan Sinyal Digital 3 0 3
MAP6243 Fisika Medis 3 0 3 Wajib Minat Fis. Medis
MAP6244 Fisika Radioterapi & Proteksi Radiasi 3 1 4
MAP6215 Fisika Polimer dan Komposit 3 0 3 Pilihan Bebas
MAP6225 Teori Medan Potensial 3 0 3
MAP6235 Software Instrumentasi 3 0 3
MAP6245 Instrumentasi Biomedis 3 0 3
MAP6102 Mekanika Kuantum 3 0 3
MAP6105 Komputasi Sistem Fisis 3 0 3
MAP6062 Teori Medan Kuantum 3 0 3

Jumlah SKS Mata Kuliah Pilihan

87 4 91

K: Kuliah P: Praktikum/Mandiri J: Jumlah