Ditulis pada tanggal 11 September 2013, oleh admin, pada kategori Prestasi Unit Kerja

Pada hari Selasa (10/9), Universitas Brawijaya mengukuhkan Dr.rer.nat. Muhammad Nurhuda sebagai guru besar dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Pengukuhan tersebut berlangsung di Gedung Widyaloka UB dan Prof. Dr. rer. Nat. Muhammad Nurhuda diangkat sebagai guru besar ke-12 dari FMIPA dan ke-213 UB.

Prof. Dr.rer.nat. Muhammad Nurhuda

Prof. Dr.rer.nat. Muhammad Nurhuda saat berpidato dalam acara pengukuhan gelar profesornya

Dalam pidato pengukuhannya yang berjudul,” Peran Fisika Komputasi Dalam Memahami Fenomena Fisika Laser Energi Tinggi Dan Untuk Pengembangan Energi Terbarukan Di Masa Depan”, Prof. Dr. rer. Nat. Muhammad Nurhuda mengatakan Prinsip fisika seperti self turbulensi dapat diterapkan sebagai batu pijakan untuk memanfaatkan energi semaksimal mungkin. Di mana beliau telah berhasil menerapkan konsep self turbulensi tersebut pada kompor Biomass ciptaannya yang mempunyai efisiensi 40-50% dibandingkan kompor pada umumnya.

Kompor tersebut mampu menyala hingga 90 menit, dengan bahan bakar seperti kayu, seresah daun, batubara dan cangkang kelapa sawit, dan dengan daya tampung bahan bakar sekitar 1.5 kg. Kemudian penggunaan energi terbarukan merupakan pilihan strategis, karena ke depannya, energi merupakan masalah dunia yang sangat serius, disamping pangan dan kesehatan.

Sumber: http://prasetya.ub.ac.id/berita/Pengukuhan-Prof-Drrernat-Muhammad-Nurhuda-dan-ProfDrAgus-Suryanto-13842-id.html